Friday 23 January 2015

Tanah Wisata Asahan

Wisata Air Terjun Simonang-Monang merupakan objek wisata alam di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. tepatnya terletak di wilayah perbukitan Desa Padang Pulau Kecamatan Bandar Pulau 50 km sebelah barat daya kota Kisaran Kabupaten Asahan, atau kurang lebih sekitar 1,5 jam ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat.
Gambar: Air Terjun Simonang-Monang
Namun sayang di sayang, disaat kota-kota besar berusaha menyulap rawa-rawa menjadi danau wisata bagi rakyatnya. tapi pemkab Asahan seakan tak melihat Simonang-monang sebagai suatu keindahan alam yang dianugrahkan Tuhan yang patut untuk lestarikan dan di berdayakan.

Begitupun dengan pesona alam lainnya seperti sungai Asahan. Sungai Asahan dengan debit 120 meter kubik per detik berada pada posisi ketiga tersulit di dunia dalam olah raga arung jeram, setelah sungai zambesi di afrika da sungai Colorado di Amerika. Selain liar sungai ini juga mempunyai ke indahan alam yg menakjubkan. Sudah enam kali di laksanakan Asahan white Water festival yang sangat diminati rafter profesional nasional maupun internasional. 
Gambar: Hulu Sungai Asahan
 
Gambar: Hilir Sungai Asahan
 Selain itu tempat wisata yang tak kalah menariknya adalah Bedeng, bedeng yang sering disebut masyarakat merupakan suatu kawasan wisata dialiran sungai Asahan yang pada hari-hari libur selalu dipadati masyarakat setempat maupun yang datang dari luar daerah. Satu hal yang menarik dari Bedeng adalah adanya jembatan tua peninggalan Belanda yang masih berfungsi hingga saat ini, dimana para pengunjung dapat menyebrang dengan berjalan kaki sekaligus melihat derasnya sungai Asahan dari atas jembatan.

Gambar: Jembatan peninggalan Belanda Bedeng

 
 Tertarik dengan wisata alam di Asahan ? (SN)

No comments:

Post a Comment